Mengenai Saya

Foto saya
I'm simple, smart, and cute girl :)

Minggu, 02 Januari 2011

Menggunakan Internet Sebagai Media Belajar yang Menyenangkan

Menggunakan Internet Sebagai Media Belajar yang Menyenangkan

Kata “pendidikan” tentu tidak asing lagi bagi kita semua. Pendidikan merupakan suatu kebutuhan pokok yang sangat penting bagi setiap manusia. Dimana dengan adanya pendidikan kita dapat belajar, berfikir, serta menjadi tahu apa yang sebelumnya kita tidak tahu. Umumnya pendidikan menurut jalurnya terbagi menjadi dua macam yakni berupa pendidikan formal dan pendidikan informal. Pendidikan formal merupakan pedidikan yang umumnya diselenggarakan di sekolah-sekolah, dan memiliki jenjang pendidikan yang jelas yakni pendidikan dasar, menengah, dan tinggi. Lain halnya dengan pedidikan informal, pendidikan ini adalah jalur pendidikan keluarga dan lingkungan berbentuk kegiatan belajar secara mandiri yang dilakukan secara sadar dan bertanggung jawab. Namun pada dasarnya tujuan dari kedua macam pendidikan di atas adalah sama.
Di era globalisasi ini pendidikan banyak disamapaikan dengan media yang berbeda dan unik, hal ini membuat peserta didik atau anak didik merasa senang untuk selalu belajar dan terus belajar. Salah satu media unik itu adalah internet, internet merupakan media belajar dengan menggunakan sentuhan teknologi canggih yang dapat mempersingkat waktu dan jarak dalam mempelajari segala hal yang menyumbangkan berbagai disiplin ilmu pengetahuan bagi dunia pendidikan. Namun, mungkin tidak banyak yang tahu arti sebenarnya dari internet. Internet itu sendiri berasal dari kata Interconnection Networking, yang berarti hubungan dari banyak jaringan komputer dengan berbagai tipe dan jenis, dengan menggunakan tipe komunikasi seperti telepon, salelit, dan lainnya. Dalam mengatur integrasi dan komunikasi jaringan komputer ini menggunakan protokol yaitu TCP/IP. TCP (Transmission Control Protocol) bertugas untuk memastikan bahwa semua hubungan bekerja dengan benar, sedangkan IP (Internet Protocol) yang mentransmisikan data dari satu komputer ke komputer lain. TPC/IP secara umum berfungsi memilih rute terbaik transmisi data, memilih rute alternatif jika suatu rute tidak dapat di gunakan, mengatur dan mengirimkan paket-paket pengiriman data. Internet ini memungkinkan pengguna komputer di seluruh dunia untuk saling berkomunikasi dan berbagi informasi dengan cara saling mengirimkan  e-mail, menghubungkan komputer satu ke ke komputer yang lain, mengirim dan menerima file dalam bentuk text, audio, video, membahas topik tertentu pada newsgroup, website social networking dan lain-lain.
Internet sebagai media belajar telah banyak digunakan di sekolah-sekolah di Indonesia. Mulai dari sekolah dasar sampai dengan sekolah dengan pedidikan tinggi. Bondowoso merupakan salah satu kabupaten di Indonesia yang mulai menggunakan media internet sebagai media pembelajaran di sekolah. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya sekolah-sekolah di Bondowoso yang telah menjadikan teknologi informatika sebagai salah satu mata pelajaran yang diajarkan di sekolah, sehingga pelajar memperolah pengetahuan mengenai apa itu internet, cara menggunakan internet, dan bahkan menjadikan internet sebagai media belajar yang efektif dan efisien, serta menggunakan internet untuk berkomunikasi dengan baik dan benar. Ini tentu saja sangat memacu anak didik untuk terus belajar, karena dengan menggunakan internet belajar menjadi lebih asyik dan tidak membosankan. Bagaimana tidak, internet mampu menyajikan materi-materi pembelajaran dengan cara beraneka ragam, mulai dari cara auditory (anak mudah menerima pelajaran dengan cara mendengarkan, dengan internet anak mampu belajar dengan cara mendownload materi pelajaran namun dalam bentuk audio, sehingga anak hanya mendengarkan penjelasan yang dituturkan oleh audio tersebut), visual (melihat, hal ini dilakukan dengan cara mendownload materi pelajaran dalam bentuk teks, gambar, diagram, dan sebagainya), kinestetik (fisik, dimana materi pelajaran disampaikan melalui bentuk video atau dalam bentuk game-game yang mampu membuat anak berinteraksi dalam proses belajarnya), atau berdiskusi dalam suatu forum ( umumnya cara yang terakhir ini merupakan cara yang banyak diminati, hal ini dikarenakan adanya proses interaksi dua arah sehingga anak mampu bertukar pendapat dengan orang lain dan tidak membosankan ).
Namun, sebaiknya anak-anak dalam proses menjadikan internet sebagai media belajar yang menyenangkan perlu mendapat pendampingan yang intensif dari orang tua, hal ini dimaksudkan agar anak-anak tidak menyalahgunakan internet untuk hal-hal yang tidak diinginkan. Karena internet memiliki sifat bebas dan terbuka untuk segala informasi, baik itu buruk maupun baik untuk perkembangan proses belajar anak.

2 komentar:

  1. hummm......bararti emg prlu belajar pake internet, tp.....mahal gag yah ? :)

    BalasHapus
  2. g mahal low negara memfasilitasi mboe...
    dan yang lebih penting adalah protective dari negara apalagi internet rawan thd situs porno yang bisa diakses siapa aja...sehingga peran negara sanagat besar dalam hal ini...

    BalasHapus